39 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Baru Resmi Berdiri

Sekertaris Ditjen Pendidikan Islam Imam Safei (tengah) saat memberikan pemaparan kepada ketua yayasan, ketua sekolah tinggi, dan ketua institut agama Islam. Foto/Sabir Laluhu

 

JAKARTA – Ditjen Pendis Kementerian Agama menyerahkan Keputusan Menteri Agama (KMA) atas berdirinya 39 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, 32 PTKIS berbentuk sekolah tinggi dan tujuh lainnya berbentuk institut.

 Dalam kegiatan tersebut, diserahkan pula Surat Keputusan Menteri Agama kepada pimpinan BPPT 14 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) yang ada di lingkungan Kopertais Wilayah II Jawa Barat dan Banten. Acara yang dilaksanakan pada hari Selasa, 9 Juli 2019 tersebut di hadiri oleh Wakor III Bidang Akademik dan Kelembagaan  Kopertais II Jawa Barat dan Banten Drs. Nasihudin, M.Pd.

Dirjen Pendis Kemenag Kamaruddin Amin menyatakan, penyerahan KMA kepada para pimpinan atau perwakilan sekolah tinggi, institut agama Islam, dan fakultas merupakan tonggak sejarah. Menurut dia, Kemenag melalui Ditjen Pendis akan memberikan amanah yang cukup berat dan penting namun juga mulia bagi  perguruan tinggi agama Islam yang baru didirikan.

Beliau menekankan, para ketua yayasan, ketua sekolah tinggi, dan ketua insitut agama Islam mesti melakukan pengembangan pendidikan tinggi Islam dengan menekankan pada mutu dan kualitas. PTKIS baru juga mesti memahami dan menjalankan digital literasi dan moderasi beragama. Dengan begitu, PTKIS baru yang telah berdiri dan menerima KMA bisa secara substantif memberikan kontribusi bagi pengembangan generasi bangsa.

Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama Ditjen Pendis Agus Sholeh memaparkan, untuk 14 PTKIS baru semuanya telah melalui proses verifikasi baik oleh tim Kemenag maupun tim Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Seluruh PTKIS baru tersebut wajib memberikan laporan perkembangan pelaksanaan pendidikan pada satu tahun ke depan. Dalam dua tahun setelah penyerahan KMA, maka seluruh PTKIS baru akan diakreditasi oleh BAN-PT.

Sumber :https://nasional.sindonews.com/read/1418800/15/39-perguruan-tinggi-keagamaan-islam-swasta-baru-resmi-berdiri-1562683286

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *