Menristekdikti Targetkan 2 Tahun Citarum Menjadi Sungai Terbersih

BANDUNG – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenkomaritim) dan Perguruan Tinggi di Jawa Barat melaksanakan rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Citarum Harum berupa Gebyar Edukasi 3R (Reuse, Recycle, Reduce) Tematik. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah GET Citarum Harum, yang juga memiliki arti mendapatkan kembali sungai citarum yang bersih, yang merupakan tujuan bersama.

Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan dengan kerjasama berbagai elemen bangsa tidak perlu menunggu 7 tahun untuk mengembalikan sungai citarum menjadi bersih. Menteri Nasir menargetkan dalam kurun waktu 2 tahun kita harus mampu menjadikan sungai citarum menjadi sungai terbersih di Indonesia, dan perguruan tinggi memiliki peran signifikan dalam upaya ini. Hal tersebut disampaikan pada sambutannya di acara Gebyar Edukasi 3R (Reuse, Recycle, Reduce) KKN Tematik Citarum Harum di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum Desa Cilampeni, Kab. Bandung, Selasa (31/7).

“Dengan GET Citarum Harum, perguruan tinggi diharapkan mengambil peran yang penting untuk mendukung percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai citarum,” ujar Menteri Nasir.

Sumber : ristekdikti.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *