Menristekdikti: Perguruan Tinggi Era Industri 4.0 harus mencetak lulusan berorientasi enterpreneur

Palembang Sports and Convention Center (PSCC), Senin (12/2/2018) menjadi ajang pertemuan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dan Menteri Perhubungan dengan 5.500 lebih mahasiswa se-Sumatera Selatan didampingi oleh 500 Dosen Pembimbing yang berasal dari 109 PTN maupun PTS. Acara yang berlangsung cukup komunikatif  ini merupakan dialog nasional yang ke-6 sekaligus yang pertama dilakukan di luar DKI Jakarta, dengan nara sumber Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi didampingi oleh Koordinator KOPERTIS Wilayah II, Prof. Dr. Slamet Widodo, bersama Anwar Fuadi, Ketua PARSI periode 1998-2006 selaku moderator.

Era yang bertemakan “Sukses Indonesia ku” tersebut terbagi dalam beberapa segmen, pertama adalah pembukaan dilanjutkan dengan segmen dialog Menteri Ristekdikti bersama Menteri Perhubungan dengan didahului paparan hasil kinerja yang telah dicapai oleh Kemenristekdikti dan Kemenhub untuk bangsa Indonesia. Pada gilirannya,  Koordinator Kopertis Wilayah II  memaparkan hasil peningkatan yang berhasil dicapai pada tahun 2016-2017.

Dalam sesi paparan, Menteri Ristekdikti menekankan pentingnya perubahan arah revolusi industri 4.0. serta dampak revolusi industri yang terjadi pada perguruan tinggi diantaranya akan terjadi borderless education melalui pendidikan jarak jauh (sistem pembelajaran daring), oleh karena itu perlu perguruan tinggi harus mencetak lulusan yang berorientasi enterpreneurship, serta meningkatkan daya serap mahasiswa melalui bantuan pemerintah berupa beasiswa Bidikmisi. Nasir menggarisbawahi bahwa bangsa yang besar bukan hanya dari besarnya wilayah yang dimiliki atau banyaknya jumlah penduduknya, melainkan inovasi yang dihasilkankanlah yang membuat sebuah bangsa menjadi bangsa yang besar dan sukses, tak terkecuali bangsa Indonesia. Dalam kesempatan yang sama turut hadir Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Intan Ahmad dan Direktur Kemahasiswaan, Didin Wahidin dalam mendampingi Menteri Ristekdikti.

Disela-sela dialog dengan mahasiswa berlangsung, Menteri Ristekdikti dan Menteri Perhubungan memberikan hadiah kepada beberapa mahasiswa yang hadir. Hadiah tersebut diantaranya berupa 2 buah laptop yang diberikan kepada mahasiswa dengan IPK 4.0. berasal dari Universitas PGRI Palembang dan Politeknik Negeri Sriwijaya. Sementara hadiah yang diberikan oleh Menteri Perhubungan berupa perjalanan melihat fasilitas transportasi umum di Jakarta yang diberikan kepada 5 mahasiswa yang memberikan tanggapan terhadap kinerja Kementerian Perhubungan di Sumsel serta beberapa buah helm motor bagi mahasiswa yg belum beruntung ikut ke Jakarta.

Acara dialog nasional ditutup dengan harapan Menteri Ristekdikti kepada perguruan tinggi swasta di wilayah Kopertis II untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi dan lulusannya. Sementara Koordinator Kopertis Wilayah II menyampaikan harapannya dalam meningkatkan beasiswa penerima bidikmisi di perguruan tinggi swasta di Wilayah Kopertis II.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *